Langsung ke konten utama

Belajar dari Palayanan Kesehatan Makassar, Menebar Inspirasi dan Manfaat Bersama Astra



Bagi kami sekeluarga berobat ke dokter dan dirawat inap di rumah sakit adalah pilihan terakhir. Ibu saya pernah mengalami trauma pasca kematian adik saya. Usianya baru tiga bulan saat itu, Amal, nama almarhum demam  tinggi dan sangat rewel, situasi  yang tidak biasa karena biasanya Almarhum adalah bayi yang tidak rewel. Saat itu, Ibu akhirnya memutuskan untuk membawa adik saya ke rumah sakit, setelah dirawat inap tiga hari. Amal meninggal. Saya lupa apa penyebab kematiannya, usia saya saat itu masih tiga tahun, tapi konon saat itu adik saya mengalami mal praktek. Selepas kejadian tersebut, Ibu akhirnya sangat trauma. Bahkan saat saya sakit tipes, hampir satu bulan lamanya saya bedrest di rumah, ibu tidak ingin saya dirawat di rumah sakit. 

Mungkin kasus tentang adik saya tersebut hanya satu di antara ratusan kasus yang terjadi, sebagian diketahui oleh publik sebagian lagi hanya menjadi cerita yang tidak tersampaikan. Hal ini yang kemudian menjadi salah satu faktor penyebab yang membuat kepercayaan terhadap pelayanan rumah sakit menjadi rendah. Hal ini harusnya menjadi catatan utama bagi setiap rumah sakit. Namun demikian karena rumah sakit merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Rumah sakit akan selalu ramai.

Pelayanan kesehatan adalah hal yang sangat penting, karena merupakan kebutuhan utama dan merupakan salah satu faktor penentu kualitas sumber daya manusia oleh karenanya pelayanan kesehatan merupakan salah satu hal yang wajib diupayakan sebaik dan semaksimal mungkin. 

Sebuah kota yang unggul harus mampu melayani masyarakat dalam segala aspek kehidupan. Dalam bidang kesehatan, Makassar sebagai salah satu kota besar di Indonesia patut menjadi teladan dalam hal pelayanan kesehatan. Dilansir dari republika.com Jumat (3/11/17) pada bulan Julil lalu, Makassar berhasil mendapatkan penghargaan nasional sebagai kota dengan pelayanan kesehatan terbaik. Penghargaan ini  merupakan kerja keras dari Dinas Kesehatan Makassar yang berhasil meraih penghargaan WOW Service Excellence Award 2017.

Pelayanan kesehatan dari hati dengan “Home Care Dottorotta”
Salah satu program unggulan kota Makassar yaitu Home Care Dottorotta’ yang merupakan layanan kesehatan 24 jam yang melayani langsung ke rumah pasien. Program kesehatan ini benar-benar memprioritaskan masyarakat semua golongan secara gratis tanpa perlu memiliki kartu jaminan apapun. Adanya home care-Dottorotta ini adalah suatu upaya serius pemerintah Makassar terhadap kebutuhan utama masyarakat. Program ini tercetus dari research bahwa kesulitan paling mendasar masyarakat yaitu kesehatan. Bayangkan betapa terbantunya masyarakat yang sakit dengan adanya program ini terutama bagi warga miskin yang sulit mengakses layanan kesehatan. Jika biasanya di rumah sakit, mereka harus mengantri dan melewati prosedur yang panjang sebelum penanganan, kini dengan program Home Care Dottorotta mereka langsung mendapatkan layanan medis dengan mudah dan gratis.


sumber http://www.linksatu.com


Masyarakat yang membutuhkan cukup menelpon Call Center Home Care Puskesmas terdekat dari rumahnya, dan dengan segera tim medis akan datang sesuai dengan kebutuhan medis masyarakat. Layanan kesehatan ini juga terintegrasi dengan teknologi telemedicine, yang terhubung langsung dengan dokter spesialis walaupun bahkan berada di luar negeri sehingga diagnosa tetap dapat dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan EKG untuk penderita jantung dan USG untuk kehamilan dan penyakit dalam (makassar.antaranews.com, 3/11/17)

sumber: https://tirto.id

Adanya layanan Dottorotta tentunya sangat membantu warga, "Sebagai warga biasa, kita sangat terbantu dengan perbaikan-perbaikan layanan kesehatan di kota Makassar, kesigapan, keramahtamahan, dan kelengkapan peralatan mediknya sangat memuaskan," ujar ibu Nanik pada news.detik.com pada Senin, 30 mei 2016.

Namun demikian, walaupun pemerintah telah berupaya melakukan inovasi dan menyiapkan fasilitas kesehatan, masyarakat harus tetap menjaga kesehatannya, karena mencegah jauh lebih baik dari mengobati. Oleh karenanya, pemerintah Makassar juga telah menjalankan program-program unggulan demi tercapainya konsep Smart City di Makassar yaitu:

Makassar Tidak Rantasa, Menjaga Kesehatan dengan Pendekatan Filosofi Budaya
Makassar Tidak Rantasa (MTR) merupakan Program pemerintah untuk menangani masalah kebersihan kota yang terinspirasi dari budaya “Siri na Pacce” yang menjadi pandangan hidup masyarakat bugis Makassar. Dengan pendekatan ini, diharapkan memunculkan siri (malu) dan menggerakkan hati masyarakat Makassar untuk menghadrikan konsep Smart City yang nyaman dan tidak “rantasa” .

sumber: https://twitter.com/ilovemks_city/media
    
 
Berbagai formulasi telah diterapkan untuk menyukseskan program ini mulai dari menggelar kegiatan Jumat bersih, kerja bakti bersama SKPD, mengeruk kanal dan lain-lain.Sejumlah program yang dibungkus dengan pendekatan filosopi slogan yang mudah diingat sehingga diharapkan mampu diimplementasikan  seperti LISA (Lihat Sampah Ambil), Mabasa (Makassar Bebas Sampah) dan Mabello (Makassar Bersihkan Lorong-Lorongta) serta program bersih kanal.
 
Pengangkut Sampah Tangkasaki dengan Aplikasi Tangkasa Arlington yang Canggih
Selain itu bentuk keseriusan pemerintah mewujudkan program MTR yaitu dengan memberikan bantuan berupa tiga armada pengangkut sampah bernama “Tangkasaki” kepada setiap kabupaten.

sumber: http://makassartoday.com

Edukasi Kebersihan melalui pendekatan Budaya sumber: https://www.tangkasarong.com/


Dilansir dari http://rakyatsulsel.com, Jumat, 3 November 2011, untuk mendukung program ini pemerintah bahkan telah meluncurkan aplikasi  "Tangkasa Arlington" yang dapat melacak keberadaan boks Tangkasaki melalui GPS . Di Makassar, pengangkutan sampah tak hanya dilakukan oleh truk, tapi mobil boks Tangkasaki, namun untuk merespon percepatan keluhan masyarakat tentu diterapkan aplikasi online yang bisa di pantai dan dilaporkan kapan dan dimana saja,

"Aplikasi terbaru ini, tujuannya membantu Pemkot dalam protes perkembangan jalanya pengelolaan bank sampah. Contoh di balaikota ada giat sampah bisa di dilaporkan data rel Time setiap detik bisa dilaporkan," jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskomfo Makassar, Ismail Hajiali, Jumat (23/12) pada rakyatsulsel.com.
Selain itu, salah satu program unggulan program MTR ini adalah Bank Sampah Unit di setiap kelurahan untuk mengurangi jumlah volume sampah dan mengedukasi masyarakat dalam pengelolaan sampah. Masyarakat Makassar berbondong-bondong menukar sampah mereka dengan beras. Program ini tentu sangat menginspirasi karena selain menciptakan kebersihan yang berdampak pada estetika kota dan menciptakan lingkungan sehat dan bersih juga sangat membantu ekonomi warga.

Kedepannya semoga rumah sakit tidak lagi menjadi pilihan terakhir masyarakat karena pelayanannya yang buruk, namun menjadi tempat bagi masyarakat untuk memperoleh edukasi kesehatan untuk terus hidup sehat sehingga dapat bekerja untuk negeri.

Astra, Berbagi Manfaat, Menebar Inspirasi untuk Negeri 


Astra sesuai visinya yaitu sejahra bersama bangsa, benar-benar telah menebar inspirasi dengan berbagai program-programnya. Hal tersebut dapat terlihat dengan jelas pada laporan tahunan yang konsisten dibuat oleh Astra sebagai sebagai bukti kerja nyata dan kontribusi yang telah dilakukan Astra baik dalam kebijakan, komitmen, dan pelaksanaan program-program di bidang tata kelola, ekonomi serta tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Dalam bidang kesehatan  Astra telah menjalankan banyak program untuk memberntuk masyarakat sehat. Dilansir dari www.astra.co.id dalam pilar Kesehatan, CSR Astra fokus dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak serta mempercepat perbaikan gizi masyarakat. Hingga saat ini, Astra telah memberikan pengobatan gratis kepada 125.818 pasien, membina 1.577 posyandu dan menyumbangkan 216.263 kantong darah.

Kampung Berseri Astra (KBA) juga diluncurkan sebagai wujud inisiatif untuk mewujudkan kampung dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif juga mewakili implementasi dari 4 pilar CSR Astra. Saat ini, Astra memiliki 49 KBA yang tersebar di 17 provinsi di seluruh Indonesia. Salah satunya yaitu di Makassar, di kecamatan Rappocini.

sumber: http://kec-rappocini.id/


Program GenerAKSI Sehat Indonesia juga dikampanyekan oleh Astra sejak tahun 2014 sebagai bagian dari kontribusi sosial Astra di bidang kesehatan. Melalui kampanye yang memanfaatkan media sosial ini, Astra mendorong masyarakat Indonesia untuk berkomitmen hidup sehat sebagai generasi penerus bangsa. Sebanyak 15.654 kacamata telah disumbangkan oleh GenerAKSI Sehat Indonesia bagi anak-anak Indonesia khususnya di wilayah 3T.

Tidak hanya dalam sektor kesehatan, namun tiga pilar lainnya yakni pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan Astra terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat .  Melalui program Satu Indonesia, semangat Asra terpadu memberikan penghargaan pada lima generasi muda terpilih yang telah berjuang tanpa kenal lelah, memberi manfaat untuk kemajuan negeri. Melalui program satu-indonesia, Asra juga konsisten mengadakan berbagai kompetisi tiap tahunnya untuk memantik semangat dan kreatifitas generasi muda dalam berkompetensi dan menuangkan idenya untuk membangun bangsa dari sabang hingga marauke sebagai bagian dari Inspirasi 60 Tahun Astra. 

 Satu Indonesia Award, Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=bpcBQPxWUXs



Inspirasi 60 Tahun Astra, Menjadi inspirasi dan Warisan Membanggakan bagi Bangsa

Pada tahun 2017 ini Astra genap berusia 60 tahun. Karya Astra selalu di hati, Saya mengetahui pertama kali tentang Astra saat mengikuti lomba cerita unik Astra pada januari 2010, dan menjadi pemenang ke tiga tingkat wilayah. Astra memberikan apresiasi berupa hadiah dana yang cukup besar sehingga membantu meringankan biaya kuliah saya saat itu. Setelah mengikuti lomba tersebut, melalui satu-indonesia.com saya mengenal Astra lebih dekat.

Masyarakat Indonesia memiliki kenangan tersendiri yang tidak mudah dilupakan dengan produk Astra, Saya mengingat motor Honda merah ayah yang setia mengantar jemput saya ke sekolah, bahkan walaupun telah dipakai hampir puluhan tahun, mesin motor tersebut masih terjaga. Bahkan Ia berjasa saat terpaksa dijual untuk membiayai studi kakak saya saat itu, mungkin sekitar dua puluh tahun  lalu. 

Motor Kenangan https://www.widodogroho.com

Bagi saya, dan  masyarakat yang merasakan kontribusi Astra, Astra adalah sumber manfaat dan inspirasi. Diusianya yang ke 60, semoga kehadiran Astra terus akan terus dirindukan dan senantiasa membersamai negeri, menghadirkan produk dan jasa berkualitas untuk menjawab kebutuhan masyarakat, serta senantiasa bersinergi dengan semua pihak dalam menebar manfaat berkelanjutan, terus menginspirasi  dan mejadi warisan membanggakan bagi bangsa Indonesia .





Komentar

Andi Asrawaty mengatakan…
Makasih Vitri, sudah menjadi komentator pertama... :D
Teen is Hariati mengatakan…
Good information.... 👍👍
Teen is Hariati mengatakan…
Keberadaan "Home care dottorotta" di Makassar sangat2 bermanfaat,, keluarga saya sudah menggunakannya berkali2, pelayanannya pun sangat memuaskan.
Teen is Hariati mengatakan…
Keberadaan "Home care dottorotta" di Makassar sangat2 bermanfaat,, keluarga saya sudah menggunakannya berkali2, pelayanannya pun sangat memuaskan.
Aisyah Reyzz mengatakan…
semoga dengan adanya program-program tersebut makassar menjadi kota percontohan bagi kota-kota lainnya
Ayu Indah's mengatakan…
Program Astra semoga bisa mewujudkan Makassar, dan Indonesia yg lbih baik

www.ayuindah.com
Abby Onety mengatakan…
Moga secepatnya juga ada mokesa di makassar
Suryani Palamui mengatakan…
Makassar semoga jadi kota dunia. Aamiin. Apalagi dengan Astra semuanya jadi makin mudah. Banyak menebar hal kebaikan. Semoga Astra makin sukses yaa.
Tari Artika mengatakan…
yeaaaay,, terus menginspirasi Astraa
Arifa mengatakan…
Saya suka dengan kalimat "menjaga kesehatan dengan pendekatan budaya"
Diharapkan pemerintah terus berinovasi dalam mewujudkan lingkungan yang sehat
Qia mengatakan…
Keren nih. Asra for Astra ��
Andi Asrawaty mengatakan…
Alhamdulillah, Makassar semakin berbenah... :D
Andi Asrawaty mengatakan…
Semoga... Thanks for comments
Andi Asrawaty mengatakan…
Benar sekali Mbak. Semoga kedepannya program Astra semakin bermanfaat bagi masyarakat
Andi Asrawaty mengatakan…
Ia Mbak... Suoaya membantu Mobil Dottorota...
Andi Asrawaty mengatakan…
Yes... Smart city,
Andi Asrawaty mengatakan…
Mari menebar inspirasai...
Andi Asrawaty mengatakan…
Budaya memang terasa lebih dekat di hati masyarakat... Makasih udh berkunjung Mbak Arifayani...
Andi Asrawaty mengatakan…
Boleh2... Hihi
Nurul mengatakan…
Nice article! Bermanfaat sekali
Andi Asrawaty mengatakan…
Thanks Sist...
andyhardiyanti mengatakan…
Pengennya sih program-program Astra di Makassar semakin ditambah yaa. Hehehehe. Semua daerah pasti pengen seperti itu :D
Mugniar mengatakan…
Semoga beragam inovasi kesehatan yang ada didukung pula dengan pelayanan yang bagus ya, supaya tak ada lagi orang yang trauma seperti ibu ta'.
Arif mengatakan…
Inovasi Dottoro'ta Home Care benar kerasa manfaatnya buat warga Makassar.
Andi Asrawaty mengatakan…
Ie betul sekali, itu yang paling penting juga, pelayanan kesehatan.
Andi Asrawaty mengatakan…
Iye. Semoga Makassar terus berbenah di segala bidang, kesehatan ini adalah langkah yang bagus sebagai oermulaan.
Anonim mengatakan…
Maju Makassar, goes to the world city...

Postingan populer dari blog ini

Catatan Kecil Untuk Diriku...

Dalam perjalanan hidup, terkadang kita terlalu banyak memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak akan terjadi. Pikiran-pikiran negatif, perasaan-perasaan yang tidak seharusnya. Pikiran dan perasaan itu lalu menumpuk, bagaikan benang kusut yang kita tidak pernah tahu, bagaimana dan kapan akan berakhir. Pada titik itu, kita dilanda depresi. Suatu hal yang sebenarnya ilusi yang kita ciptakan sendiri. Jika berada di titik itu, tariklah nafas. Terima keadaan, terima dirimu, dan selalu yakin bahwa Allah selalu ada, dimanapun dan bagaimanapu  kondisi kita. Berikan waktu untuk diri, mulaikah pikirkan hal-hal yang baik dan indah, tentang semua hal yang kita lewati, tentang semua rintangan yang telah kita hadapi. Singkirkan satu persatu kecemasan yang tidak semestinya. Mulailah membuat impian, pikirkan langkah-langkah kecil yang akan membuat semuanya menjadi lebih indah. Jika terdapat hambatan, yakinlah itu hanya ujian untuk membuatmu semakin kuat. Membuat cerita dalam perjalanan hidupmu ak

Merayakan Aksara dalam Dekapan Keindahan Banggai

Luwuk , saya telah lama mendengar nama kota ini, adalah ibukota kabupaten Banggai Sulawesi Tengah. Beberapa sanak saudara saya, merantau dan akhirnya menetap di sana, pun mertua saya pernah menetap beberapa tahun di salah satu kacamatan di Banggai . Setiap mereka pulang ke kampung halaman, oleh-oleh berupa ikan asin dan cumi kering menjadi makanan yang selalu kami tunggu, hal tersebut membuktikan bahwa potensi kekayaan bahari Banggai begitu melimpah. Hal ini tak mengherankan karena sebagaian besar wilayahnya merupakan lautan yaitu sekitar 20.309,68 km2 dengan garis pantai sepanjang 613,25 km2, tentu saja menyimpan kekayaan bahari yang berlimpah.   Tidak hanya itu wilayah daratanya dengan luas 9.672,70 km2, dengan keanekaragaman tipografi berupa pegunungan, perbukitan dan dataran randah. Tanahnya menyimpan kesuburan, berbagai buah-buahan dapat tumbuh subur ranum. Bulan kemarin saya bahkan mendapat kiriman buah naga dan salak yang sangat manis dari saudara di Luwuk .  Da

Cenning Rara

Di luar angin berhembus pelan, namun menipkan udara dingin hingga menembus sumsum tulang rusuk, masuk lebih dalam menghujam hati.  “Ibu, aku begitu rindu, sangat. Namun, apakah aku mampu untuk pulang? Ibu, bisakah aku mengatakan tidak. Haruskah aku kembali menghianatimu.  “Maaf Mak.” Uleng memendang bulan, air mata jatuh, menganak sungai. Hatinya tersandra dilema. Andi Cahaya Uleng, nama yang indah seindah artinya, cahaya bulan. Namun sayang, malam ini, untuk kesekian kalinya, hatinya dilanda prahara.  Yah, setiap kali rencana penghianatan menuntut dan berontak dibenaknya, bayangan cinta itu selalu hadir, membelai, menghangatkan, menenangkan. Bayangan cinta itu, yang tidak akan pernah pergi dari benaknya, bahkan nama yang indah itu juga pemberian cinta dari sang Ibu yang disapanya “Emmak”. Bayangan Emmak setia datang menemani, bahkan saat Emmak jauh. Aura cinta Emmak tak pernah pudar, bahkan semakin terasa. Angan-angan Uleng melambung jauh. Lagi, merasakan cinta tak bersyarat Emmak. Ya